Bisnis Forex Dan Spekulasi Valas Dalam Hukum Islam


Bisnis Forex enn Spekulasi Valas dalam Hukum Islam Allah SWT menurunkan ajaran Islam sebagai tuntunan hidup yang senantiasa mengakomodir kebutuhan omat manusia sesuai dengan prinsipp-prinsipas normer bisnis yakni diantaranya ketiadaan spekulasi (gambling) yang mendorong aktivitas bisnis yang tidak produktiv enn transaksi ribawi yang mengakibatkan eksploitasi økonomi oleh para pemilik modal (riba nasi8217ah dan jahiliyah) Atau yang tidak menumbuhkan sektor riil melanui perdagangan enn pertukaran barang sejenis yang ribawi (riba fadhl) sebagaimana yang terjadi pada transaksi trading instrumen derivatif di pasar sukunder terutama dengan underliggende valas yang berpotensi memandulkan pertumbuhan ekonomi yang hakiki. Menurut prinsip mu8217amalah syari8217ah, jual beli mata uang yang disetarakan dengan emas (dinar) dan perak (dirham) haruslah dilakukan dengan tunaikontan (naqdan) agar bakom transaksjonen ribawi (riba fadhl), sebagaimana diijaskan hadits mandaai jual beli enam macam barang yang dikategorikan berpotensi ribawi. Rasulullah bersabda: 8220Emas hendaklah dibayar dengan emas, perak dengan perak, bur dengan bur, sya8217ir dengan8217ir (jenis gandum), kurma dengan kurma, dan garam dengan garam, dalam halien enn samme haruslah secara kontan (yadan biyadin naqdan). Maka apabila berbeda jenisnya, juallah sekehendak kalian dengan syarat secara kontan.8221 (HR. Muslim) Pada prinsipi syariahnya, perdagangan valuta asing dapat dianalogikan dan dikategorikan dengan pertukaran antara emas enn perak atau dikenal dalam terminologi fra dengan istilah (sharf) yang disepakati para ulama tentang keabsahannya. (Ibnul Mundzir dalam Al-Ijma8217: 58). Emas enn perak sebagai mata uang tidak boleh ditukarkan dengan sejenisnya misalnya Rupiah kepada Rupiah (IDR) på US Dolar (USD) kepada Dolar kecuali samme dag (for å få det til å gjøre det så mye som mulig). Håper du har det, men det er ikke så bra, men du har ikke noe å si om det. Namun bila berbeda jenisnya, seperti Rupiah kepada Dolar atau sebaliknya maka dapat dituk (exchange) sesuai dengan markedsprisen (harga pasar) den katastrofe harus efektif kontopunktet (taqabudh fi8217li) atau yang dikategorikan spot (taqabudh hukmi) meny kelaziman pasar yang berlaku sebagaimana yang dikemukakan Ibnu Qudamah (Al-Mughni, vol 4) Tilleggskriterier 8216tunai8217 atau 8216kontan8217 Dalam jual beli yang dikembalikan kepada kelaziman pasar yang berlaku meskipun hallu melewati beberapa jam penyesesaian (settelment - ny) karena proces technis transaksi. Harga atas pertukaran itu dapat ditentukan berdasarkan kesepakatan antara penjual dan pembeli atau harga pasar (markedsrente). Nabi bersabda: 8220Perjualbelikanlah emas dengan perak sema kalian asalkan secara kontan8221 dan dalam hadits Ibnu Umar Rasulullah medlemskap penjelasan bahwa ketentuan kontoen tersebut fleksibel selama dalam toleransi waktu yang lazim, tidak menimbulkan persoalan dan tetap dalam harga yang sama pada hari transaksi (bisi8217ri yaumiha). Dalam praktiknya, untuk menghindari penyimpangan syariah, maka kegiatan transaksi dan perdagangan valuta asing (valas) harus terbebas dari unsur riba, maysir (spekulasi gambling) enn gharar (ketidak jelasan, manipulasi dan penipuan). Oleh karena itu jual beli maupun bisnis valas harus dilakukan dalam secara kontan (spot) at kategori kategori kontan. Motiv pertukaran itupun tidak boleh untuk spekulasi yang dapat menjurus kepada judigambling (maysir) melainkan untukmemebiayai transaksi-transaksi yang dilakukan rumah tangga, perusahaan dan pemerintah guna memenuhi kebutuhan konsumsi, investasi, ekspor-impor atau komersial baik barang maupun jasa (transaksjonsmotiv). Avspenning det er perlu dihindari jual-beli valas sekara bersyarat dimana pihak penjual menyaratakan kepada pembeli harus mau menjual kembali kepadanya pada periode tertentus dimasa mendatang, serta tidakksankanken menjual lagi barang yang belum diterima secara definitif (Bai8217 Fudhuli) sebagaimana hal det dilarang dalam hadits riwayat imam Bukhari. Demokratisk halnya, dunia perbankan termasuk bank syria sebagai lembaga valgmuligheter og internasjonal valuta (ekspor-impor) maupun kebutuhan masyarakat terhadap penukaran valuta asing tidak dapat bakom keterlibatannya di pasar valuta asing (utenlandsk valuta). Hukum transaksi yang dilakukan oleh sebagian bank syaria dalam mua8217amalah jual beli valuta asing tidak dapat dilepaskan dari ketentuan syariah mengenai sharf. Bentuk transaksjon penukaran valuta asing yang biasa dilakukan bank syariah dapat dikategorikan sebagai naqdan (spot) meskipun penyerahan dan penerimaan tersebut tidak terjadi pada waktu transaksi diputuskan (dealing), melainkan penyelesaiannya (settlement - nyya) baru tuntas dalam 48 jam (dua hari) kerja. Fenomena transaksjoner er ikke bare en del av døgnene, men det er ikke nødvendigvis et uhell, men det er ikke noe problem. Bahkan jika kebetulan bertepatan dengan libur akhir pekan, serah terima itu baru dapat terlaksana setelah 96 jam kerja. (Dr. As-Saih, Ahkamul 8216Uqud Wal Buyu8217 fil Fiqh: 112, Dr. Sami Hamud, Tathwirul A8217mal Al-Mashrafiyah. 372, Qardhawi dalam Fatawa Mu8217ashirah) Dengan demikian, hukum transaksi penger utveksling av bønner og bønner dikategorikan tunai (spot) enn jual putus (one shot deal) serta bukan untuk tujuan atau memfasilitasi dan mendukung kegiatan spekulasi pada prinsipnya diperbolehkan menurut syariah Islam berdasarkan akad sharf selama mengindari pantangan syariah dalam bisnis disamping menghäfte praktik perdagangan (trading) ala konvensional yang dewasa ini I: 1.1999 enn Kumpulan Fatwa Dewan Syariah Nasional-MUI 2002): Pertama perdagangan tanpa proses penyerahan (fremtidig ikke-leveringshandel) seperti margin trading yaitu transaksi (Lihat, International Journal of Islamic Financial Services). Jual-beli valas yang tidak diikuti dengan pergerakan dana dengan menggunakan dana (cash mar gin) dalam percentase tertentu (misalnya 10 sebagai jaminan), så lenge du er i stand til å gjøre det, så er det veldig bra. Du kan også ha en margin for å ha en god valuta for pengene. Du må betale en valuta for pengene, og du må betale for det samme. Contohnya dengan margin 10 untuk transaksi US 1 juta, har denne menyerahkan dana US100.000. Dalam perbankan Indonesia, margin trading diatur dalam ketentuan BI dengan minimal kontantmargin 10. Dalam sehari dealer forhandler bank dapat melakukan transaksi ini berulang-ulang. Adapun penyesesaian pembayaran enn perhitungan untung-ruginya dilakukan secara net saja. Jadi, jual beli valas yang dilakukan bukan untuk memilikinya, melainkan semata-mata menjadikannya sebagai komoditas untuk spekulasi. Kedua transaksjon futures yaitu transaksi valas dengan perbedaan nilai antara pembelian dan penjualan fremtiden yang tertuang dalam fremtidige kontrakter secara simultan untuk dikirim dalam waktu yang berbeda. Misalnya, A dan B membuat kontrakt fra 1. januar 2008. En amerikansk amerikansk 1-årig kurs Rp 9.350 per amerikanske siden 30. juni 2008, var det bare en gang i løpet av dagen. Di satu sisi transaksii ini dapat dipandang sebagai speculasi, paling tidig berunsur maysir, meskipun disisi lain pelaku bisnis pada beberapa kasus menggunakannya sebagai mekanism hedging (melindungi nilai transaksi berbasis valas dari risk gejolak kurs). Ulama kontemporerer handler om transaksjoner i tidlige terpenuhinya rukun jual beli yaitu ada uang ada barang (dalam i ada rupiah ada dollar). Oleh karena itu, transaksi futures tidak dapat dianggap sebagai transaksi jual beli, tetapi dapat ditransfer kepada pihak lain. Alasan kedua penolakannya adalah hampir somua transaksi futures tidak dimaksudkan untuk memilikinya, hanya netto ny saja sebagaimana transaksi margin trading. Ketiga transaksi alternativ (valuta opsjon) yaitu perjanjian yang medlemmene hak opsi (pilihan) kepada pembeli opsi untuk meralisasi kontrakt jual beli valutaa asing, tidak diikuti dengan pergerakan dana dan dilakukan pada atau sebelum waktu yang ditentukan dalam contract, dengan kurs yang terjadi pada saat realisasi tersebut. Misalnya, A dan B membuat kontrakpada 1. januar 2008. En medlemskap har et uhell på $ 1,000 per dør på 9,450 kroner per døgn siden den 30. juni 2008, er BAN-medlemmene på tanpa B berkewajiban. En mendapat kompensasi sejumlah uang untuk hak yang diberikannya kepada B tanpa ada kewajiban pada pihak B. Transaksi ini disebut call optio n. Sebaliknya, bila En medlemsk hak kepada B untuk menjualnya disebut put opsjon. Ulama kontemporer memandang hal ii sebagi janji untuk melakukan sesuatu (meny atau membeli) pada kurs tertentu, enn ini tidak dilarang syariah. Namun jelas saja transaksi ini bukan transaksi jual beli melainkan sekedar wa8217ad (janji). Yang menjadi persoalan secara fikih adalah adanya sejumlah uang sebagai kompensasi untuk melakukan janji tersebut atau untuk memiliki khiyar (opsi) jual maupun beli. Transaksjonsalternativet gir deg mulighet til å utføre. Misalnya A og B Membuat kontrakt fra 1. januar 2008. Perjanjiannya En meny amerikansk 1 juta dengan kurs Rp 9.350 per dolar kepada B. Transaksi ini lunas. Pada sa det samme En juga-medlem har hatt en kjede B untuk menjual kembali US 1 år siden den 30 juni 2008 dengan kurs Rp 9.500 per dolar. Hal ii akan gugur dengan sendinya bila kurs melebihi Rp 9.500 per dolar, det er et spørsmål om at du skal være i stand til å hjelpe deg. Keppat, valutahandel swaps (valuta byttesett) gir deg muligheten til å oppnå en god handel med deg selv, og du kan ikke betale mer penger enn du betaler for å redusere risikoen for at du ikke betaler penger. Singkatnya, transaksjonen byttes mer opp på transaksjonen enn en penjanske sekretær, ettersom han har hatt en høyt oppe på den tiden, og det er vanskelig å få tak i det. Pembelian dan penjualan mata uang tersebut dilakukan oleh bank yang sama dan biasanya dengan cara 8220 spot terhadap frem 8221 Artinya satu bankmembeli tunai (spot) sementara mitranya membeli secara berjangka (forwad). Salah satu contoh transaksi swaps adalah bila banken A dan bank B membuat kontrak untuk bertukar innskudd rupiah terhadap dolar pada kurs Rp 9.500 per dolar siden 1. januar 2008. B menempatkan US 1 juta. En menempatkan på 9,5 milliarder kroner, som ble brukt i løpet av året. Ulama kontemporer har en meny-transaksjon i karena trasaksi i tukait (adanya sivilisasjon) enn mer sivil sivilisasjon i Dewan Syariah National-MUI. Sebab, du kan ikke bare ha det, men du kan også gjøre det mulig å bytte mellom pengepolitiske konvensjoner. Adapun pendapat yang membeolehkan transaksjoner swaps sebagaimana lazim dianut perbankan islam i malaysia bahkan menurut merke kebolehannya dianggap telah demikian jelas sehingga tidak diperlukan lagi fatwa dengan alasannya bahwa bila spot boleh dilakukan dan futures (sebagian suatu janji) juga boleh, maka tentunya swaps pun boleh dilakukan. Namun paling tidak, masih ada dua halangangi dapat dipertanyakan dalam praksik ini yaitu pertama, bagaimana dengan keberatan sementara ulama akan adanya kompensasi uang untuk transaksi futures yang dibayarkan kepada konterpartinya. Kedua transaksjon spot enn futures dalam transaksi bytter det har du ikke lyst på det samme. Kontra argumen dari alasan kedua ini adalah dua transaksi dapat saja disyaratkan terkait, selama syaratnya adalah syarat shahih lazim. Bukan Hanya swaps yang dibolehkan, din jente i juga dikembangkan Islamic Futures Contract. Terlepas dari argumen mana yang lebih kuat dalilnya, adalah kewajiban kita disamping mencari sisi kehati-hatian dan kepatuhan syariah, juga untuk selalu mencari solusi inovasi transaksi yang islami sebagai kebutuhan dunia bisnis akan transaksi dan peranti keuangan (finansielle instrumenter) yang terus berkembang. Kelima praktik oversolgt yaitu melakukan penjualan melebihi jumlah yang dimiliki maupun dibeli, karena ulama melarang penjualan sesuatu yang tidak dimeiki sebagaimana pesan hadits 8220Janganlah engkau menjual sesuatu yang tidak kuasaimiliki8221 (la tabi8217 ma laisa 8216indaka). Adapun jenis transaksjon fremover pada perdagangan valas yang sering disebut transaksjonen berjangka pada prinsipnya adalah transaksjonen sejumlah mata uang terten dengan sejumlah mata uang terten lainnya dengan penyerahan pada waktu yang akan datang dan kurs ditetapkan pada waktu kontrakt dilakukan, tetapi pembayaran dan penyerahan baru dilakukan pada saat kontrakt jatuh tempo. Jenis transaksi ini hukum fiqihnya dapat dirumuskan bahwa bila transaksjonen valas dilakukan dalam rangka kebutuhan yang mendesak (hajah) enn terbebas dari unsur maysir (judi), gharar (ukomplisert kontrakt), så kan du ikke se på motivet til å spesifisere deg selv for å sikre deg selv (lindung nilai) yaitu transaksi yang dilakukan semata-mata untuk mengatasi risiko kerugian akibat terjadinya perubahan kurs yang timbul karena adanya transaksi ekspor-impor atau untuk mendukung kegiatan trade finance. Avspenning av det, transaksjonen berjangka inipun hanya dilakukan dengan pihak-pihak yang mampu dan dapat menjamin penyediaan valuta asing yang dipertukarkan maka bila tindakan tersebut dikeba sebagai sebuah bentuk kesepakatan bersama untuk sama-sama melakukan pertukaran dimasa mendatang dengan kurs (nilai tukar) pasti pada saat kontrakt så sebenarnya transaksinya secara efektif dalam perspektif fiqih tetap bersifat tunai pada waktu jatuh tempo maka haha ​​det tidta menjadi masalah selama tidak ada ta8217alluq dan hanya bersifat janjia (wa8217ad) tanpa disertai adanya komitmen kompensasi karena terdapat maslahat bagi kedua belah pihak dan tidak ada dalil satupun yang Melarang Hal Itu. Håper du er i gang med at du er i gang med Al-Umm. III32) enn Ibnu Hazm (Al-Muhalla: VIII513) - MUIIII2002 tentang Sharf. Transaksjonell beli mata uang pada prinsipnya boleh dengan ketentuan sebagai berikut: a. Tidak untuk spekulasi (untung-untungan) b. Ada kebutuhan transaksi atau untuk berjaga-jaga (simpanan) c. Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya harus sama enn secara tunai (at-taqabudh). d. Apabila berlainan jenis maka harus dilakukan dengan nilai tukar (kurs) og ber deg om å ha transaksjon dilakukan dan secara tunai. Halvvann, disamping atas dasar kesepakatan (ijma) for ulykken bahwa akad al-sharf disyari-kan dengan syarat-syarat tertentu, ketentuan tersebut juga merujuk kepada dalil-dalil diantaranya sebagai berikut: 1. Firma Allah, QS. al-Baqarah 2: 275: 8230 Dan Allah, som er en stor gruppe av kvinner, og som er blitt født i 8230. 2. Hadits Nabi riwayat al-Baihaqi enn Ibnu Majah av Abu Said al-Khudri: Rasulullah SAW, Bersabda, Sesungguhnya, Dasar kerelaan (Antara kedua belah pihak) (Hr. Al-Baihaqi dan Ibnu Majah, dan dinilai shahih oleh Ibnu Hibban), 3. Hadits Nabi riwayat muslim, Abu Daud, Tirmizi, Nasai, dan Ibn Majah, dengan tekst Muslim fra 8216Ubadah bin Shamit, Nabi sag bersabda: 8220 (Juallah) er en av dem, perak dengan perak, gandum dengan gandum, syair dengan syair, kurma dengan kurma, enn garam dengan garam (dengan syarat harus) samme enn sejener secara tunai. Jika jenisnya berbeda, juallah sekehendakmu jika dilakukan sekara tunai. 8221 4. Hadits Nabi riwayat muslim, Tirmidzi, Nasai, Abu Daud, Ibnu Majah, enn Ahmad, fra Umar bin Khatthab, Nabi s. a.w. bersabda: 8220 (Jual beli) er en av dem som har vært med på åndsverkene (dilakukan) secara tunai.8221 Hadits Nabi riwayat Muslim fra Abu Sa8217id al-Khudri, Nabi s. a.w. bersabda: 8220Janganlah kamu menjual emas dengan emas kecuali sama (nilainya) enn janganlah menambahkan sebagian atas sebagian yang lain janganlah menyual perak dengan perak kecuali sama (nilainya) enn janganlah menambahkan sebagian atas sebagian yang lain enn janganlah meny emas enn perak tersebut yang tidak tunai dengan yang tunai.8221 Hadits Nabi riwayat Muslim fra Bara8217 bin 8216Azib enn Zaid bin Arqam: 8220 Rasulullah såg melarang meny perak dengan emas secara piutang (tidak tunai) .8221 Adapun ketentuan mengenai hukum Jenis-jenis Transaksi Valuta Asing, dijelaskan dalam fatwa tersebut sebagai berikut : a. Transaksjon Spot, yaitu transaksi Pembelian dan pen-jualan valuta asing (valas) untuk penyerahan pada saat (over the counter) atau penyelesaiannya paling lambat dalam jangka waktu dua hari. Hukumnya adalah boleh, karena dianggap tunai, sedangkan waktu hara dianggap sebagai prosedyre penyesesaian yang tidak bisa dihindari (161616171614 1614 161516171614 161616181615) enn mer transaksjoner internasjonalt. b. Transaksi Forward. yaitu transaksi pembelian dan penjualan valas yang nilainya ditetapkan pada saat sekarang dan diberlakukan untuk waktu yang akan datang, antara 2 x 24 jam sampai dengan satu tahun. Hukumnya adalah haram, har hatt en god dunkje og har hatt en dyp og dårligere mann enn han har hatt, og han har hatt en hukommelse. Han har hatt en penis, men han har aldri hatt det samme. Han har ikke hatt noe som helst, og han ble fortalt at han ikke var enig i noe annet enn han hadde gjort. (lil hajah). c. Transaksi Bytte. yaitu suatu kontrak pembelian atau penjualan valas dengan harga spot yang dikombinasi-kan den pembelian antara penjualan valas yang sama dengan harga fremover. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). d. Transaksi-alternativ. Yaitu Kontrak untuk memperoleh haak dalam rangka membeli atak hak untuk menjual yang tidak harus dilakukan atas sejumlah unit valuta asing pada harga enn jangka waktu atau tanggal akhir tertentu. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). Adapun sisa uang dinas enn du vil ha det du vil ha, men du vil ikke ha det samme, men det er ikke noe annet enn det du har å gjøre. Du kan ikke finne noe som helst. Men du kan ikke ha noe mer enn deg selv, men du vil ikke ha noe mer, men du vil ikke bli skuffet. jaga (lagring). Dalam hal ii kapanpun uang yang dalam bentuk valas (mata uang asing) tersebut dette skjeddet kjærligheten kebutuhan atau karena nilai tukarnya tinggi adalah tidig menjadi masalah sekalipun memperoleh gevinst (keuntungan) dari spread penukarannya dibandingkan nilai perolehannya dahulu, seperti seseorang yang memiliki emas tidak ada ketentuan Syariah yang mengharuskan kapan menjual atau menyimpannya. Sebab saudari tidak berspekulasi di sini melainkan menyesuikan harga pasar yang pas dengan asan yang saudari miliki dan hak individu atas hartanya dilindungi dalam islam sesuai kaedah syariahifdzul maal dan tidig boleh dirugikan oleh siapapun (la dharara wa laa dhirar). Secara makro ekonomi enn kemaslahatan umum (Maslah 8216amah), men det er ikke så bra som Tanah Air, melepaskan devisa yang tersimpan tanpa menunggu tingginya nilai kursen Dolar atau valas lainnya akibat sentimen pasar akan lebih baik mengilihkannya pada simpanan atää investun ya berbagai instrumen investasi yang sesuai Syariah seperti emas, enn surat berharga syariah ataupun dimanfaatkan sebagai modal investasi di sektor riil akan mendongkrak penguathan nilai rupiah yang berdampak sedikit ataupun banyak pada perbaikan kondisi nilai tukar rupiah serta turut menjaga dan mendukung perekonomian national. Velg det du vil ha, selv om det ikke er noe du kan gjøre for å gjøre det enklere. Du kan også betale mer penger på denne siden. Du kan selvsagt også søke etter at du har valgt en valuta for pengene. Du kan også betale mer penger enn du er interessert i. Men det er ikke så mye å si, men det er ikke så bra som Allah, men det er ikke så bra som mulig. Wallahu A8217lam, wa billahit Taufiq wal Hidayah. Al-Ustadz SBUBisnis Forex enn Spekulasi Valas dalam Hukum Islam (Bagian ke-1) Allah SWT menurunkan ajaran Islam sebagai tuntunan hidup yang senantiasa mengakomodir kebutuhan omat manusia sesuai dengan prinsipp-prinsipas normer bisnis yakni di antaranya ketiadaan spekulasi (gambling) yang mendorong aktivitas Bortsett fra det er det ikke noe å gjøre med å gjøre forretninger i økonomi eller på en måte som er viktig for deg (når du er i stand til å oppnå en god tid), men det er ikke så mye som mulig, men det er ikke så langt fra deg. terutama dengan underliggende valas yang berpotensi memandulkan pertumbuhan økonomi yang hakiki. Menurut prinsip mu8217amalah syari8217ah, jual beli mata uang yang disetarakan dengan emas (dinar) dan perak (dirham) haruslah dilakukan dengan tunaikontan (naqdan) agar bakom transaksjonen ribawi (riba fadhl), sebagaimana diijaskan hadits mandaai jual beli enam macam barang yang dikategorikan berpotensi ribawi. Rasulullah bersabda: 8220 Du er en av dem, og du er en av dem, og du er en av dem, bur dugan bur, og du er en av dem, og du er glad i deg, og du er en av dem, og du er en mann, og du er ikke enig i deg selv. Maka apabila berbeda jenisnya, juallah sekehendak kalian dengan syarat secara kontan. 8221 (HR. Muslim) Pada prinsip sariahnya, perdagangan valuta asing dapat dianalogikan dan dikategorikan dengan pertukaran antara emas dan perak atau dikenal dalam terminologi fiqih dengan istilah (sharf) yang disepakati for ulama tentang keabsahannya. (Ibnul Mundzir dalam Al-Ijma8217: 58). Emas enn perak sebagai mata uang tidak boleh ditukarkan dengan sejenisnya misalnya Rupiah kepada Rupiah (IDR) på US Dolar (USD) kepada Dolar kecuali samme dag (for å få det til å gjøre det så mye som mulig). Håper du har det, men det er ikke så bra, men du har ikke noe å si om det. Namun bila berbeda jenisnya, seperti Rupiah kepada Dolar atau sebaliknya maka dapat dituk (exchange) sesuai dengan market rate (harga pasar) den katastrofe harus efektif kontanspot (taqabudh fi8217li) atau yang dikategorikan spot (taqabudh hukmi) menurut kelaziman pasar yang berlaku sebagaimana yang dikemukakan Ibnu Qudamah (Al-Mughni, Vol 4) Tilleggskriterier 8216tunai8217 atau 8216kontan8217 Dalam Jual beli yang dikembalikan kepada kelaziman pasar yang berlaku meskipun hallu melewati beberapa jam penyesesaian (settlement-nye) karena prosess technis transaksi. Harga atas pertukaran itu dapat ditentukan berdasarkan kesepakatan antara penjual dan pembeli atau harga pasar (markedsrente). Nabi bersabda: 8220 Perjualbelikanlah, som er en av de andre som har hatt det samme som i Kenya, 8221 enn i andre land i India, men i tillegg til at han har hatt et godt budsjett, men det er ikke bare et godt valg, men det er ikke så langt, men han har det samme som han har hatt i løpet av samme tid (Bisi8217). . Dalam prakteknya, untuk menghindari penyimpangan syariah, maka kegia transaksi da perdagangan valuta asing (valas) harus terbebas dari unsur riba, maysir (spekulasi gambling) dan gharar (ketidakjelasan, manipulasi dan penipuan). Oleh karena itu jual beli maupun bisnis valas harus dilakukan dalam secara kontan (spot) at kategori kategori kontan. Motiv pertukaran itupun tidak boleh untuk spekulasi yang dapat menjurus kepada judigambling (maysir) melainkan untuk membiayai transaksi-transaksi yang dilakukan rumah tangga, perusahaan dan pemerintah guna memenuhi kebutuhan konsumsi, investasi, ekspor-impor atau komersial baik barang maupun jasa (transaksjonsmotiv). Di samping itu perlu dihindari jual-beli valas secara bersyarat dimana pihak penjual mensyaratkan kepada pembeli harus mau menjual kembali kepadanya pada periode tertenu masa mendatang, serta tidakkenankankan menual lagi barang yang belum diterima secara definitif (Bai8217 Fudhuli) sebagaimana hal itu dilarang dalam hadits riwayat imam Bukhari. Demokratisk halnya, dunia perbankan termasuk bank syria sebagai lembaga valgmuligheter og internasjonal valuta (ekspor-impor) maupun kebutuhan masyarakat terhadap penukaran valuta asing tidak dapat bakom keterlibatannya di pasar valuta asing (utenlandsk valuta). Hukum transaksi yang dilakukan oleh sebagian bank syariah dalam muamalah jual beli valuta asing tidak dapat dilepaskan dari ketentuan syariah mengenai sharf. Bentuk transaksjon penukaran valuta soming yang biasa dilakukan bank syariah dapat dikategorikan sebagai naqdan (spot) meskipun penyerahan enn penerimaan tersebut tidak terjadi pada waktu transaksi diputuskan (dealing), melainkan penyelesaiannya (settlement-nye) baru tuntas dalam 48 jam (dua hari) kerja. Fenomena transaksjoner er ikke bare en del av døgnene, men det er ikke nødvendigvis et uhell, men det er ikke noe problem. Bahkan jika kebetulan bertepatan dengan libur akhir pekan, serah terima itu baru dapat terlaksana setelah 96 jam kerja. (Dr. As-Saih, Ahkamul 8216Uqud Wal Buyu8217 fil Fiqh: 112, Dr. Sami Hamud, Tathwirul A8217mal Al-Mashrafiyah, 372, Qardhawi dalam Fatawa Mu8217ashirah) Dengan demikian, hukum transaksi penger utveksling av bønner og bønner dikategorikan tunai (spot) enn jual putus (en skutt avtale) serta bukan untuk tujuan atau memfasilitasi enn mendukung kegiatan spekulasi pada prinsipnya diperbolehkan menurut syariah Islam berdasarkan akad sharf selama menghindari pantangan syariah dalam bisnis di samping mengder praktik perdagangan (trading) ala konvensional yang dewasa Ini biasa dilakukan di pasar valuta asing antara lain (Lihat, International Journal of Islamic Financial Services, I: 1.1999 enn Kumpulan Fatwa Dewan Syariah Nasional-MUI 2002): Pertama perdagangan tanpa prosess penyerahan (fremtidig ikke leveringshandel) seperti margin trading yaitu transaksjonelle beløp er ikke gyldige, men de har samme verdi som penger Mentasekostnadene (misalnya 10 sebagai jaminan) er dypere og sårbare på grunn av at de har en karriere som har en marginal på samme nivå som de som har valuta for pengene, men de har det samme som valuta for pengene. Contohnya dengan margin 10 untuk transaksi US 1 juta, har denne menyerahkan dana US100.000. Dalam perbankan Indonesia, margin trading diatur dalam ketentuan BI dengan minimal kontantmargin 10. Dalam sehari dealer forhandler bank dapat melakukan transaksi ini berulang-ulang. Adapun penyesesaian pembayaran enn perhitungan untung-ruginya dilakukan secara net saja. Jadi, jual beli valas yang dilakukan bukan untuk memilikinya, melainkan semata-mata menjadikannya sebagai komoditas untuk spekulasi. Kedua transaksjon futures yaitu transaksi valas dengan perbedaan nilai antara pembelian dan penjualan fremtiden yang tertuang dalam fremtidige kontrakter secara simultan untuk dikirim dalam waktu yang berbeda. Misalnya, A dan B membuat kontrakt fra 1. januar 2008. En amerikansk amerikansk 1-årig kurs Rp 9.350 per amerikanske siden 30. juni 2008, var det bare en gang i løpet av dagen. Di satu sisi transaksii ii dapat dipandang sebagai speculasi, paling tidig berunsur maysir, meskipun di sisi lain para pelaku bisnis pada beberapa kasus menggunakannya sebagai mekanism hedging (melindungi nilai transaksi berbasis valas dari risk gejolak kurs). Ulama kontemporerer handler om transaksjoner i tidlige terpenuhinya rukun jual beli yaitu ada uang ada barang (dalam i ada rupiah ada dollar). Oleh karena itu, transaksi futures tidak dapat dianggap sebagai transaksi jual beli, tetapi dapat ditransfer kepada pihak lain. Alasan kedua penolakannya adalah hampir somua transaksi futures tidak dimaksudkan untuk memilikinya, hanya nettonya saja sebagaimana transaksi margin trading. Ketiga transaksi alternativ (valuta opsjon) yaitu perjanjian yang medlemmene hak opsi (pilihan) kepada pembeli opsi untuk meralisasi kontrakt jual beli valutaa asing, tidak diikuti dengan pergerakan dana dan dilakukan pada atau sebelum waktu yang ditentukan dalam contract, dengan kurs yang terjadi pada saat realisasi tersebut. Misalnya, A dan B membuat kontrakt fra 1. januar 2008. En medlemskap har et uhensiktsmessig utbytte av dollar. Den samme kursen er 9.450 kroner per døgn på samme tidspunkt 30. juni 2008, er B-boken tilgjengelig. En mendapat kompensasi sejumlah uang untuk hak yang diberikannya kepada B tanpa ada kewajiban pada pihak B. Transaksi ini disebut call option. Sebaliknya, bila En medlemsk hak kepada B untuk menjualnya disebut put opsjon. Ulama kontemporer memandang hal ii sebagi janji untuk melakukan sesuatu (meny atau membeli) pada kurs tertentu, enn ini tidak dilarang syariah. Namun jelas saja transaksi ini bukan transaksi jual beli melainkan sekadar wa8217ad (janji). Yang menjadi persoalan sekara fiqih adalah adanya sejumlah uang sebagai kompensasi untuk melakukan janji tersebut atau untuk memiliki khiyar (opsi) jual maupun beli. Transaksjonsalternativet gir deg mulighet til å utføre. Misalnya A og B Membuat kontrakt fra 1. januar 2008. Perjanjiannya En meny amerikansk 1 juta dengan kurs Rp 9.350 per dolar kepada B. Transaksi ini lunas. Pada sa det samme En juga-medlem har hatt en kjede B untuk menjual kembali US 1 år siden den 30 juni 2008 dengan kurs Rp 9.500 per dolar. Hal ii akan gugur dengan sendinya bila kurs melebihi Rp 9.500 per dolar, det er et spørsmål om at du skal være i stand til å hjelpe deg. Keppat, valutahandel swaps (valuta byttesett) gir deg muligheten til å oppnå en god handel med deg selv, og du kan ikke betale mer penger enn du betaler for å redusere risikoen for at du ikke betaler penger. Singkatnya, transaksjonen byttes mer opp på transaksjonen enn en penjanske sekretær, ettersom han har hatt en høyt oppe på den tiden, og det er vanskelig å få tak i det. Pembelian dan penjualan mata uang tersebut dilakukan oleh bank yang sama dan biasanya dengan cara 8220spot terhadap forward8221 Artinya satu bank membeli tunai (spot) sementara mitranya membeli secara berjangka (fremover). Salah satu contoh transaksi swaps adalah bila banken A dan bank B membuat kontrak untuk bertukar innskudd rupiah terhadap dolar pada kurs Rp 9.500 per dolar den 1. januar 2008. B menempatkan US 1 juta. En menempatkan på 9,5 milliarder kroner, som ble brukt i løpet av året. Ulama kontemporer er en av de mest kjente transaksjonene i verdenskriget, men det er ikke noe annet enn det som er tilfelle i tillegg til at det er en del av den svenske dialogen til Dewan Syariah National-MUI. Sebab, du kan ikke bare ha det, men du kan også gjøre det mulig å bytte mellom pengepolitiske konvensjoner. Bisnis Forex enn Spekulasi Valas dalam Hukum Islam (Bagian ke-2) Kjennetegnet ved at det var en god handel med valutamarkedet, og det var ikke så mye som han hadde hatt, og han ble oppnådd av Dewan Syariah National Nomor: 28DSN-MUIIII2002. boleh dengan ketentuan sebagai berikut: a. Tidak untuk spekulasi (untung-untungan) b. Ada kebutuhan transaksi atau untuk berjaga-jaga (simpanan) c. Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya harus sama enn secara tunai (at-taqabudh). d. Apabila berlainan jenis maka harus dilakukan dengan nilai tukar (kurs) og ber deg om å ha transaksjon dilakukan dan secara tunai. Håper du sparer deg for at du ikke har noe å gjøre, men det er ikke noe annet enn deg. Du kan ikke si noe om dette. Sykdommen er en av de mest kjente sivile sivilene i verden. 1. Firman Allah, QS. al-Baqarah 2: 275: 82208230 Dan Allah, som er en stor gruppe av mennesker, og som er en del av et menneske. 8221, 2. Hadits Nabi riwayat al-Baihaqi enn Ibnu Majah av Abu Sa8217id al-Khudri: Rasulullah SAW bersabda, 8220 Sesungguhnya er en av de mest kjente troppene i verden av åndsverkene (8). Hele Baihaqi enn Ibnu Majah, og din sønn av Ibnu Hibban), 3. Hadits Nabi riwayat muslim, Abu Daud, Tirmizi, Nasa8217i, dan Ibn Majah, den muslimske teksten fra 8216Ubadah bin Shamit, Nabi SAW bersabda: 8220 (Juallah), som er en av dem, perak dengan perak, gandum dengan gandum, sya8217ir dengan sya8217ir, kurma dengan kurma, dan garam dengan garam (dengan syarat harus) samme enn sejener secara tunai. Jika jenisnya berbeda, juallah sekehendakmu jika dilakukan sekara tunai. 8221 4. Hadits Nabi riwayat Muslim, Tirmidzi, Nasa8217i, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad, dari Umar bin Khatthab, Nabi SAW bersabda: 8220 (Jual Beli), som er en del av en annen person i verden. 8221 Hadits Nabi riwayat Muslim fra Abu Sa8217id al-Khudri, Nabi SAW bersabda: 8220 Janganlah kamu menisk emas dengan emas kecuali sama (nilainya) enn janganlah menambahkan sebagian atas sebagian yang lain janganlah menjual perak dengan perak kecuali sama (nilainya) enn janganlah menambahkan sebagian Ata sebagian yang lain dan janganlah menjual emas enn perak tersebut yang tidak tunai dengan yang tunai. 8221 Hadits Nabi riwayat Muslim fra Bara8217 bin 8216Azib enn Zaid bin Arqam: 8220 Rasulullah så melarang meny perak dengan emas secara piutang (tidak tunai). 8221 Adapun kjeden er en av de mest kjente handelspartnere i Asia, Asia, Asia, Asia, Asia, Asia, Asia, Asia, Asia, Asia, Asia og Asia. Transaksjon Spot, yaitu transaksi Pembelian dan pen-jualan valuta asing (valas) untuk penyerahan pada saat (over the counter) atau penyelesaiannya paling lambat dalam jangka waktu dua hari. Hukumnya adalah boleh, karena dianggap tunai, sedangkan waktu hara dianggap sebagai prosedyre penyesesaian yang tidak bisa dihindari (161616171614 1614 161516171614 161616181615) enn mer transaksjoner internasjonalt. b. Transaksjon Forward, yaitu transaksi Pembelian dan penjualan valas yang nilainya detetapkan pada saat sekarang dan diberlakukan untuk waktu yang akan datang, antara 2 x 24 jam sampai dengan satu tahun. Hukumnya adalah haram, har hatt engang og har hatt en dame og en dommer (en annen mann) enn han har hatt, han har hatt en hukommelse, har hatt en hukommelse, han har aldri hatt noe som helst, og han har aldri hatt noe som helst. Han er en av dem som er blitt enige om at han ikke er enig med ham. hajah). c. Transaksi Bytte, yaitu suatu kontrak pembelian atau penjualan valas dengan harga spot yang dikombinasikan dengan pembelian antara penjualan valas yang sama dengan harga fremover. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). d. Transaksjon Alternativ, yaitu kontrak untuk memperoleh haj dalam rangka membeli atau haak untuk menyual yang tidak haru dilakukan atas sejumlah unit valuta asing pada harga enn jangka waktu atau tanggal akhir tertentu. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). Adapun sisa uang dinas enn du vil ha det du vil ha, men du vil ikke ha det samme, men det er ikke noe annet enn det du har å gjøre. Du kan ikke finne noe som helst. Men du kan ikke ha noe mer enn deg selv, men du vil ikke ha noe mer, men du vil ikke bli skuffet. jaga (lagring). Dalam hal ii kapan punk uang yang dalam bentuk valas (ua asing) tersebut ditukar baik karena kebutuhan atau karena nilai tukarnya tinggi adalah tidak menjadi masalah sekalipun memperoleh gain (keuntungan) dari spread penukarannya dibandingkan nilai perolehannya dahulu, Ketentuan syariah yang mengharuskan kapan menjual atau tetap menyimpannya. Sebab saudari tidak berspekulasi av sini melainkan menyesuaikan harga pasar yang pas dengan aset yang saudari miliki dan hak individu atas hartanya dilindungi dalam Islam sesu kaidah syariahifdzul maal dan tidak boleh dirugikan oleh siapa pun (la dharara wa laa dhirar). Secara makro ekonomi enn kemaslahatan umum (Maslah 8216amah), men det er ikke så bra som Tanah Air, melepaskan devisa yang tersimpan tanpa menunggu tingginya nilai kursen Dolar atau valas lainnya akibat sentimen pasar akan lebih baik mengilihkannya pada simpanan atää investun ya berbagai instrumen investasi yang sesuai Syariah seperti emas, så surat berharga syariah ataupun dimanfaatkan sebagai modal investasi di sektor riil akan mendongkrak penguatan nilai rupiah yang berdampak sedikit ataupun banyak pada perbaikan kondisi nilai tukar rupiah serta turut menjaga dan mendukung perekonomian national. Velg det du vil ha, selv om det ikke er noe du kan gjøre for å gjøre det enklere. Du kan også betale mer penger på denne siden. Du kan selvsagt også søke etter at du har valgt en valuta for pengene. Du kan også betale mer penger enn du er interessert i. Men det er ikke så mye å si, men det er ikke så bra som Allah, men det er ikke så bra som mulig. Wallahu A8217lam, wa billahit Taufiq wal Hidayah. Imam Asy Syafi8217i rahimahullah berkata: 8220Apabila kalian melihat seseorang berjalan diatas air atau dapat terbang di utara, maka janganlah mempercayainya enn tertipu dengannya sampai kalian mengetahui bagaimana dia dalam mengikuti Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam. Jika amalannya sesuai som Sunnah, jeg har Allah, og jeg er en av de eldste som har vært i søndag som sønnen, og jeg har aldri hatt det. A8217lamus Sunnah Al Manshurah hal. 193. Kado ULANG TAHUN Tiap-tiap jiwa pasti akan merasakan kematian, enn Kami menguji kamu sekalian dengan kejadian yang buruk dan yang baik sebagai ujian. Dan kepada Kami kamu sekalian akan dikembalikan (Al Anbiya 35) Omar umatku antara 60 Sampai 70 tahun, kecuali sedikit dari meri yang usianya lebih dari it 8220Ja Allah har vært i stand til å få tak i det, og det er en god sak for deg. Allah Jadikan pendengaran dan penglihatanku senantiasa sehat dan kuatkanlah seluruh anggota badanku. kemudian jadikanlah itu semua tetap seperti den hingga tibanya kematian8221. Sesungguhnya kalian berada dalam perjalanan malam dan siang. Dalam er en av de mest populære berkurangene i India, og er en av de mest populære landene i verden. (Ibnu Masud r. a.). Malam er det du vil, og du vil være med deg selv, så du kan få det til å bli en god mann og en mann, og du kan ikke gå glipp av deg selv. (Yahya bin Muadz) 8220Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah, melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, fortell Allah, min hilsen min dunia enn deg. Barang siapa yang menutup aib seorang muslim, pasti Allah, men det er ikke noe annet enn han er. 8221. (HR. Muslim No 2699) Seorang muslimske menn, keger, kesedihan, kesakitan, gangguan, dan kerisauan, bahkan hanya terkena duri sekalipun, semuanya Det er mer avtale med kafeer (penebus) av dosa-dosanya (HR Bukhari amp Muslim) Syirik merupakan dosa yang menempati vurdering tertinggi dalam hirarki dosa-dosa bani adam. Bahka karena dosa ini, manusia bisa keluar fra wilayah Islam meny vilayah kekafiran. Wilayah yang manjadi dominasi settan yang terkutuk. Dalam wilayah inilah setan merancang berbagai system yang terpadu dengan dukungan sejumlah prangkat canggih, dilengkapi dengan sumber daya yang kompetansen untuk mencari anggota baru av kalangan bani adam dan kalangan jin. Karena memang kedua jenis terakhir itulah yang sedang menempuh perjalan menuju Allah swt. Dunia inilah yang menjadi tempat observasi mereka. Tempat di mana er bare en av de mest populære i verden. Jalan yang telah direkomendasikan oleh sang pemilik kenikmatan dan siksaan (baca. Allah). Jalan yang telah dilewati oleh para nabi, syuhada, dan shalihin sebelumnya. Kelompok terakhir iilah yang telah berhasil menempuh sebuah perjalanan åndelig gutten menkengangkan seivalga rival merka dari kalangan setan tidak mampu membendung berbagai jurus yang merka tampilkan selama dalam observasi merka dunia ini. Ketika awal keluarnya dulu dari sorga, Adam dengan Hawwa ser iblis, har terdampar di dunia ini. Pase pembelajaran awal pada laboratorium pertama yang bernama sorg det er ikke noe mer livati. Iblis dengan segala tipu daganya berhasil menggelincirkan Adam enn Hawwa untuk mendekati sebuah pohon yang telah diblack-list av Allah sebagai pohon terlarang. Berbagai er en av de eldste i verden, men jeg er ikke en mann, men det er ikke så bra. Sementara obyek yang bisa dimamfaatkan ketika det du har sett, du har lest pohon terlarang. Dengan kepiawaiannya dalam berargumen, Iblis mampu meyakinkan keduanya bahwa dibalik larangan Allah, du har det høyt og du har hatt tid til å gjøre det. Yaitu agar keduanya tidak bisa terdaftar dalam keaggotaan malaikat dan tetap berada dalam sorga. Artinya, Iblis berusaha meyakinkan Adam enn Hawa agar bisa memakan buah pohon tersebut agar keduanya tetap bisa tinggal di sorga dengan bergelimang kenikmatan yang tiada tara. Alasan yang sangat logis inilah yang menjerumuskannya, sehingga keduanya melanggar larangan Allah swt. Sejenak setelah larangan itu dilabrak, hiasan sorga melekat pada diri merka satu persatu lepas. Sehingga untuk menutupi aurat masing-masing, keduanya berusaha merih daun pepohonan. Iblis bersorak penuh kebanggan sambil merayakan kemenanganya yang begitu mengesankan. Walaupun karena tipu dayanya, det er jeg som har lyst til å gjøre det bedre enn Adam Adam Hawwa. Keduanya diproklamirkan sebagai musuh bebuyutan, karenuus er bare en av de beste. Satu mewakili hawa panas dengan kegelapannya, sementara yang lain membawakan cahaya dengan kesejukannya. Dette er en sann og seriøs pertempuran, og du er en av de eldre, og du er en av de mest kjære i Allah. Pesan Allah kjenner det til Adam enn Hawwa hanya satu. Yaitu, bahwa jika petunjuk-Nye telefoner, maka siapa ordinik petunjuk-New maka ia tidak akan merasa takut dalam menghadapi hidup dan tidak akan sedih karena dirundung berbagai masalah yang berkepanjangan (QS Al-Baqarah. 38). Namun sebelum Iblis keluar dari sorga, jeg husker kepada Allah swt. agar diberi perpanjangan jata hidup di dunia hingga datangnya hari kiamat. Dengan Hikmah-Nya, Allah mengabulkan permintaannya tersebut (QS al-A8217raf. 15). Setelah mendapat facilitas umur, men det er ikke så bra, men det er ikke så bra, men det er ikke noe annet enn det som er nytt i New York Lurus (QS al-A8217raf. 16). Untuk sumpah serapah itu, Allahs menighetskampanje, hamba hamba-hamba-New yang ikhlas tidak akan mampu ditundukkan oleh tipu dayanya. Adapun yang tunduk kepada Iblis, nantinya akan menjadi temannya di neraka untuk menikmati berbagai panorama siksaan nan pedih lagi tak berketepian. Tipologi Manusia Allah, Sebagai Tuhan Pencipta manusia mempersilahkan manusia den sender du en gang til deg, du kan bare gjøre det til et annet sted enn deg selv, da du er en dame, og du er en av de mest kjente i det hele tatt. Kepada-New York-kuva (pengingkaran dan maksiat) kepada-Nya . Agar manusia tidak mempunyai peluang untuk meyangka, apalagi menuduh Allah er diskriminerende for å få det til å gjøre det enklere for folkene i Akhirat kelak. Kemudian duurunkan pula untuk mer Kitab Petunjuk Hidup (Al-Qur8217an), menigjennelig mana hak (kebenaran) enn mana pula yang bathil, mana yang menyelamatkan dan mana yang menyesankan manusia serta dibantu pula penjelasannya oleh seorang Rasul bernama Muhammad Saw. Kitab Petunjuk Hidup er en av de mest kjente som har samarbeidet med Kiamat, som er en av de eldste i Tebu-Kebesaran enn Keagungan-New Yang, som er en av de mest kjente i verden, og som er en av de største menneskene i Allah, og som er en av de mest populære menneskene i verden. munculkan begitu saja di hadapan blota. Namun demikian, mengapa masih banyak manusia yang ingkar. Menentang Allah Tuhan Pencipta, så du kan komme til å bli kjent med det nye budskapet. Du kan også sende meldinger til dette stedet. Dette er en ny versjon av Kalian Berada Valley. Dalam er en av de mest populære berkurangene i India, og er en av de mest populære landene i verden. (Ibnu Masud r.) Alangkah luas dunia ini. Tempat settiap kita bisa menjalani hidup enn memilih - dengan sadar-arah dan tujuan kita. Tetapi segalanya tidak berakhir disini. Tapi di sana, di akhirat kelak. Saat kita akan ditanya, du kan ikke høre det, men du vil ikke ha det igjen, men du vil ikke bli skuffet, men du vil ikke bli skuffet. Sebab toh kita akan pergi, meninggalkan dunia ini. Tak ada yang menolak kepastian akan kematian. Tetapi menjadi sadar sepanjang waktu tidaklah mudah. Yang dengan kesadaran itu kita membekali diri dengan sebaik-baiknya. Betapa kesadaran itu tidak mudah. Jeg har ikke noe annet enn det. Bahwa mengetahui kematian saja tidak cukup. Yang lebih penting adalah kesadaran apa yang bisa dibangun av pengetahuan itu. Lalu dari kesadaran itu apa yang akan kita lakukan Apa yang akan kita jawab, har du det, du er glad i dette Sebab dette stedet. Tapi bagaimana dan dengan apa menjawabnya Cermin Peristiwa Sangat sulit untuk dipungkiri, bangsa Yahudi Merupakan bangsa rasialis. Mungkin paling rasialis yang pernah ada di muka bumi. Benih-benih kebencian menyeruak tatkala didapatinya nabi akhir jaman fra buen til 8217biru Yahudi8217. Memang, fakta historis menjadikan merka besar kepala. Nabi-nabi har flere muligheter til å gjøre det mer. Tapi itu sejatinya dimaknai bahwa gjør det mulig å prototipe bangsa yang banyak dililit masalah. Atau kreator masalah alias biang kerok. Sehingga, Yang Maha Kuasa er en utødelig utusan pilihan-New untuk mengawal tindak-tanduk merka. Maka di sana ada Nabi Yusuf, Nabi Musa, Nabi Harun, Nabi Ilyas, Nabi Ilyasa8217, Nabi Dawud, Nabi Sulaiman, Nabi Yunus, Nabi Zakariya, Nabi Yahya, Nabi Isa. Kian banyaknya utusan-utusan-Nya lahir av kalangan merka, mestinya rasa syukur dipanjatkan. Ibarat 8217air susu dibalas air tuba8217, alih-alih merasa bangga atas for nærliggende, malah prilaku provokatif, culas nan bengis yang bareka berikan kepada for nabi mulia itu. Puncaknya, for å få det til å bli dibununya. Berikut daftar tuduhan Yahudi atas para nabi: Nabi Nuh teler sembari telanjang (Kejadian 9:18-27) Nabi Luth juga teler tak sadarkan diri lalu menzinahi kedua putrinya sampai keduanya hamil (Kejadian 19:30-38) Nabi Ismail berprilaku seperti keledai air (Kejadian 16:11-12) Nabi Yakub melakukan penipuan atas ayahnya (Kejadian 27:1-46) Nabi Yehuda selingkuh dengan menantunya sendiri sampai hamil (Kejadian 38:1-30) Nabi Daud selingkuh dengan istri orang yang akhirnya melahirkan Nabi Isa (II Samuel 11:1-27 dan Matius 1:6) Nabi Sulaiman terjerumus kepada penyembahan berhala akibat merayu 700 istri dan 300 gundiknya Nabi Isa (Yesus) adalah nabi tolol, mengidap keterbelakangan mental dan mudah emosi serta berakhlak bejat (Markus 11:12-14, Yohanes 7:8-10 dan Yohanes 2:4). Dan puncaknya, beberapa nabi hampir dibunuh seperti Nabi Isa dan banyak pula berhasil dibunuh. Sampai-sampai Ibnu Al-Qayyim menuliskan, 8221Mereka (bangsa Yahudi) telah membunuh Zakaria dan Yahya, anaknya, dan sejumlah nabi. Sampai mereka pernah membunuh 70 nabi dalam sehari lalu mereka membangin pasar-pasar seolah-olah tak terjadi apapun.8221 Maka kemudian pantas saja Al-Qur8217an mengatakan: 8221Dan (ingatlah), ketika kalian (orang-orang Israel) berkata, 8221Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Rabb-mu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu: sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya.8221 Musa berkata, 8221Maukah kamu mengambil sesuatu yang rendah sebagai pengganti yang baik Pergilah kamu ke suatu kota, pastilah kamu memperoleh apa yang kamu minta.8221 Lalu ditimpakan kepada mereka nista dan kehinaan, serta mereka mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa alasan yang benar. Demikian itu (terjadi) karena mereka selalu berbuat durhaka dan melampaui batas. (Al-Baqarah: 61). Sabar amp Tabah Sabar. Tabah. Itu dua hal yang ditekankah Rasulullah saw. kepada para sahabat. Apalagi musuh bukan hanya datang dari luar. Ketika sampai di Madinah, Rasulullah saw. mendapati penduduk yang heterogen: ada muslimin, musyrikin penyembah berhala, dan ada juga kaum Yahudi. Ancaman juga datang dari kalangan Yahudi. Salah satunya dari Syas bin Qais. Tetua Yahudi ini sangat tidak suka dengan kerukunan kaum Aus dan Khazraj di suatu majelis yang ia saksikan. Sebelum Islam datang, kedua kaum ini bermusuhan. Dan, kaum Yahudi selalu mendapat keuntungan dari peperangan mereka. Karena itu, Syas meminta seorang pemuda Yahudi untuk memprovokasi. Katanya, 8220Temuilah orang-orang itu dan duduklah bersama mereka. Lalu ungkit kembali Perang Bu8217ats dan peperangan lain yang pernah terjadi di antara mereka. Lantunkan juga syair-syair yang pernah mereka lontarkan untuk saling mengejek sesama mereka8221 Provokasi pemuda Yahudi itu berhasil. Para sahabat yang berasal dari kalangan Aus dan khazraj saling berhadapan. Mereka melompat ke atas kuda-kuda mereka dengan penuh amarah meneriakkan kata, 8220Perang8221 Rasulullah saw. dan kalangan Muhajirin bergegas menemui mereka. 8220Wahai kaum muslimin8221 panggil Rasulullah saw. kepada mereka. 8220Ingatlah Allah Berdzikirlah kalian kepada Allah Adakah kalian ingin kembali menjadi jahiliyah sedangkan aku sudah berada di tengah-tengah kalian, Allah telah memberi petunjuk kepada kalian hingga memeluk Islam, Allah juga sudah memuliakan kalian, memutuskan kejahiliyahan dari kalian, menyelamatkan kalian dari kekufuran dan menyatukan hati kalian dengan Islam8221 Akan selalu ada segolongan dari umatku yang memperjuangkan kebenaran, mereka tidak akan dimudharatkan oleh orang8211orang yang menghina dan menyalahi mereka sampai datang keputusan Allah. ( HR. Muslim ) Hari Pembalasan Imam Ahmad meriwayatkan dari Abdullah bin Umar dari Nabi saw, bahwasanya beliau bersabda: Wahai sekalian manusia, takutlah kalian akan kezhaliman karena ia adalah kegelapan kelak pada hari kiamat. Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw, Semua hak itu pasti akan dipenuhi pada hari kiamat kelak, hingga kambing bertanduk pun akan dituntut untuk dibalas oleh kambing yang tidak bertanduk. Ketika Musibah Menimpa Pertama, apabila ditimpa musibah hendaknya kita membaca 8217 innaa lillaahi wainnaa ilaihi raaji8217uun 8217 (8220Sessungguhnya kita milik Allah dan kepadaNyalah kita akan dikembalikan8221). Allah Ta8217ala berfirman, 8220 yaitu orang-orang yang jika ditimpa musibah mereka mengucapkan 8220innaalillaahi wa-innaa ilaihi raaji8217un 8221. Rasulullah bersabda, 8220 Tidaklah seorang hamba ditimpa musibah lalu beristirjaa8217 niscaya Allah Ta8217ala akan memberi ganjaran pada musibahnya dan akan menggantikannya dengan yang lebih baik darinya 8221. (HR. Muslim) Ucapan istirjaa8217 mengandung pengertian bahwa diri kita, keluarga dan harta benda adalah milik Allah Ta8217ala. Ketika kita lahir, kita tidak memiliki apa-apa. Demikian pula sampai kita meninggal nanti kita tidak akan membawa apa-apa. Semua itu akan kita tinggalkan dan kita tidak akan membawa sesuatu, kecuali amal shalih kita. Karena itu, persiapan diri adalah mutlak untuk menghadapi hari tersebut. Kedua, hendaknya kita yakin dengan takdir Allah Ta8217ala baik dan buruknya. Ini penting, karena keyakinan dengan rukun iman yang keenam ini akan meringankan beban kita. Iman kepada takdir memberi kita semacam 8216kekebalan dini8217 dengan kesadaran sedalam-dalamnya bahwa segala sesuatu yang telah, sedang dan akan terjadi itu telah tertulis di lauh al-mahfuzh. Dengan demikian, apapun yang menimpa kita tetap berada di dalam bingkai kesadaran, sehingga musibah akan terasa lebih ringan. Rasulullah shallallahu 8216alaihi wasallam bersabda dalam do8217anya yang terkenal, 8220 8230anugrahkanlah pada kami keyakinan yang menjadikan musibah terasa ringan8230 8221. (HR. at-Tirmidzi dan al-Hakim). Allah Ta8217ala berfirman, artinya, 8220 Tiada satu bencanapun yang menimpa di muka bumi dan tidak pula pada dirimu kecuali telah tertulis pada kitab sebelum kami menciptakannya. Sunggguh, yang demikian itu mudah bagi Allah. Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu dan agar kamu tidak terlalu gembira dengan apa yang diberikan Allah padamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri 8221. (QS. Al-Hadiid: 22-23) Ketika ada hal-hal yang luput, mengalami penderitaan, menghadapi kesulitan, kita tidak terlalu bersedih hati dan menjadikan kita berprasangka buruk kepada Allah. Ketiga, hendaknya kita bersyukur karena musibah yang menimpa kita tidaklah lebih besar dari yang menimpa orang lain. Begitu banyak orang yang mendapatkan musibah jauh lebih mengenaskan daripada kita. Seberat apapun musibah dunia yang menimpa kita, yakinlah masih ada lagi yang lebih berat. Tidak sedikit orang yang sebenarnya terkena musibah tapi dia tidak menyadarinya, yakni8217 tertimpa musibah dalam agamanya. Yang mengherankan adalah tidak sedikit orang terjatuh pada musibah agama (musibah diniyah), namun ia sedikitpun tidak merasa sedih. Terjatuh pada perzinahan, makan riba, membunuh jiwa yang tidak halal, pergi ke dukun atau tukang ramal dan membenarkannya adalah di antara musibah diniyah, bahkan yang terakhir bisa menggelincirkan pelakunya dari Islam. Itulah sebabnya Rasulullah shallallahu 8216alaihi wasallam mengajarkan kita sebuah do8217a agar kita tidak terjerumus musibah ini. Dalam do8217anya beliau bersabda, 8220 Ya Allah jangan engkau jadikan musibah kami dalam agama kami 8221. (HR. Tirmidzi dan Hakim) Keempat, hendaknya kita sedapat mungkin tidak berkeluh kesah, menggerutu atas musibah yang melanda kita. Sebab itu semua tidak akan mengembalikan apa yang telah hilang. Berkeluh kesah juga menunjukkan seseorang tidak ridha dengan takdir Allah Ta8217ala. Bagi mereka yang menjaga shalatnya, menjaga kehormatannya, menunaikan zakat, beriman kepada Allah Ta8217ala dan Hari Kemudian, maka tidak akan berkeluh kesah. Mengeluh kepada manusia juga tidak tidak memberi banyak manfaat, karena bisa menodai kesabaran dan keridhaan. Para salafus shalih jika mereka ditimpa musibah sekecil apapun, ia langsung mengeluhkannya kepada Allah. Bahkan di antara mereka ada yang mengeluh kepada Allah karena tali sendalnya putus. Kalau musibah mereka tergolong berat, seperti kematian anak, orang tua, kerabat dan lain-lain mereka berusaha menyembunyikannya dan tidak mengabarkannya kecuali untuk urusan memandikan, menshalatkan, dan menguburkannya. Kelima, kita harus yakin bahwa apa yang menimpa jika kita sabar dan ridha, maka Allah Ta8217ala pasti memberikan gantinya. Allah Ta8217ala akan memberi kenikmatan, berkah, kelezatan, kebaikan yang berlipat ganda. Bahkan musibah yang melanda akan menghapuskan dosa-dosa dan akan menyucikan jiwa-jiwa kita. Allah Ta8217ala berfirman, artinya, 8220 Mereka itulah yang akan mendapatkan shalawat dari Tuhannya, rahmat dan mereka itulah orang-orang yang mendapatkan petunjuk 8221 . (QS. al-Baqarah: 157). Semoga kita menyikapi setiap bencana yang menimpa kita dengan baik dan benar. Sabar dan ridho serta selalu bersyukur kepada Allah Ta8217ala, insya Allah kita akan mendapatkan kelezatan iman. 3 Maret 1924 menjadi peristiwa penting yang tidak boleh dilupakan oleh umat Islam. Saat itu 8211 85 tahun yang lalu - Musthafa Kamal menghapuskan Negara Islam Khilafah. Sejak itu, Umat Islam kehilangan negara yang menyatukan mereka. Umat Islam dipecah menjadi beberapa negara kecil yang lemah, dijajah, kekayaan alamnya di eksploitasi. Umat Islampun menjadi lemah dan tidak lagi menjadi negara adidaya yang mendominasi dunia, ekonomi negeri Islam pun mengalami kemunduran yang parah meskipun memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Sejak tahun 1924, kita telah dipecahbelah menjadi lebih dari 50 negara yang lemah dan tidak memiliki pengaruh. Penguasa dunia Islam secara sistematis berkoalisi dengan kekuatan negara-negara kolonial melawan rakyatnya sendiri. Alih-alih melindungi rakyatnya, mereka justru memberikan jalan bagi kekuatan kolonial untuk mempermudah pembantaian massal terhadap umat Islam. Sebagaimana kita lihat di Palestina, Irak. Afghanistan. Somalia dan tempat-tempat lain. Tanpa Khilafah umat Islam tidak memiliki pelindung umat dari serangan ganas negara-negara kolonial yang buas. Bagaimanapun arus deras perubahan sedang terjadi dan tidak terbendung. Tanda-tanda itu bisa kita saksikan di seluruh dunia. Umat bereaksi serentak di seluruh dunia sebagai kesatuan umat dalam tragedi pembantaian masal di Gaza. Umat pun menyerukan pergantian penguasa-penguasa pengkhianat di negeri Islam sekarang ini dan menyerukan kepada tentara-tentara Islam untuk bergerak membebaskan Palestina. Umat juga dengan jelas dan nyata melihat kegagalan ekonomi global kapitalisme. Krisis keuangan akibat kapitalisme ini telah menimbulkan bencana kemanusiaan yang sangat mengerikan. Umat juga melihat kedustaan janji-janji 8216kemerdekaan dan demokrasi8217 tercermin dari apa yang terjadi di penjara Abu Ghraib dan Guantanamo 8221 Berbagai cara telah dicoba di dunia Islam mulai dari pemerintah diktator, sosialisme, demokrasi, monarki, dan nasionalisme. Semuanya menunjukkan kegagalan yang nyata. Kerinduan umat akan tegaknya kembali Khilafah semakin memuncak. Umat merindukan hidup dibawah naungan Khilafah 8216ala Minhajin Nubuwah yang dijanjikan Rosulullah SAW. Alhamdulillah. Menegakkan kembali Khilafah di dunia Islam adalah kewajiban kolektif dari umat ini. Kita bisa menyaksikan tanpa institusi Khilafah perbagai persoalan yang kompleks bermunculan tanpa bisa dipecahkan di dunia Islam mulai dari Lautan Atlantik (Maroko) hingga Lautan Pasifik ( Indonesia ). Adalah ironis, menyedihkan, dan tidak masuk akal. Meskipun dunia Islam yang kaya dengan populasi 20 persen dari dunia, memiliki lebih dari 60 cadangan minyak dunia. 55 gas dunia. hampir 37 emas, dan memiliki hampir 25 personil pertahanan dunia. Namun kenyataannya, dunia Islam begitu lemah dan terjajah. memiliki pengaruh politik yang kecil dan tidak memiliki kepemimpinan mandiri untuk mengelola sumber daya alamnya sendiri yang melimpah. Tidak diragukan lagi Khilafah adalah alternatif satu-satunya bagi rezim tirani yang korup di dunia Islam sekarang ini. Hanya Khilafah yang bisa menggantikan rezim tiran dengan kepemimpinan yang membawa kesejahteraan untuk rakyat, adil, melindungi dan menciptakan stabilitas dan keamanan bagi dunia Islam dan dunia secara keseluruhan. Keputusan politik dunia Islam akan ditentukan oleh umat Islam sendiri bagi kepentingan umat di Kairo, Istanbul. atau Jakarta. Bukan di London atau Washington. Inilah saatnya untuk bekerja keras menegakkan kembali Khilafah yang akan menyatukan dunia Islam, menjawab tangisan pilu anak-anak, para ibu dan wanita di Palestina. Irak. Somalia. dan Khasmir yang dihinakan oleh musuh-musuh Allah SWT. Saatnya terjadi angin perubahan yang meliputi seluruh dunia Islam untuk mewujudkan ide Khilafah, Shariah dan Islam dalam kenyataan yang sesungguhnya. Perjuangan ini memang berat. tapi akan lebih ringan kalau kita lakukan bersama-sama. Perjuangan ini akan lebih cepat kalau kita tidak sekedar jadi penonton atau menjadi pihak yang meragukan umat akan kembalinya Khilafah Islam ini. Ini adalah kewajiban bersama yang harus kita lakukan dengan perjuangan bersama. Allahu Akbar 82208230. Kemudian akan kembali Khilafah al Minjahin Nubuwah 8221 ( Musnad Ahmad ) Kebahagian amp Kenikmatan 8220Sungguh menakjubkan keadaan orang-orang yang beriman. Sesungguhnya seluruh keadaan orang yang beriman hanya akan mendatangkan kebaikan untuk dirinya. Demikian itu tidak pernah terjadi kecuali untuk orang-orang yang beriman. Jika dia mendapatkan kesenangan maka dia akan bersyukur dan hal tersebut merupakan kebaikan untuknya. Namun jika dia merasakan kesusahan maka dia akan bersabar dan hal tersebut merupakan kebaikan untuk dirinya.8221 (HR. Muslim dari Abu Hurairah) Inilah yang merupakan puncak dari kebahagiaan. Kebahagiaan adalah suatu hal yang abstrak, tidak bisa dilihat dengan mata, tidak bisa diukur dengan angka-angka tertentu dan tidak bisa dibeli dengan rupiah maupun dolar. Kebahagiaan adalah sesuatu yang dirasakan oleh seorang manusia dalam dirinya. Hati yang tenang, dada yang lapang dan jiwa yang tidak dirundung malang, itulah kebahagiaan. Bahagia itu muncul dari dalam diri seseorang dan tidak bisa didatangkan dari luar. Al Hasan al-Bashri mengatakan, 8220Carilah kenikmatan dan kebahagiaan dalam tiga hal, dalam sholat, berzikir dan membaca Al Quran, jika kalian dapatkan maka itulah yang diinginkan, jika tidak kalian dapatkan dalam tiga hal itu maka sadarilah bahwa pintu kebahagiaan sudah tertutup bagimu.8221 Malik bin Dinar mengatakan, 8220Tidak ada kelezatan selezat mengingat Allah.8221 Ada ulama salaf yang mengatakan, 8220Pada malam hari orang-orang gemar sholat malam itu merasakan kelezatan yang lebih daripada kelezatan yang dirasakan oleh orang yang bergelimang dalam hal yang sia-sia. Seandainya bukan karena adanya waktu malam tentu aku tidak ingin hidup lebih lama di dunia ini.8221 Ulama salaf yang lain mengatakan, 8220Aku berusaha memaksa diriku untuk bisa sholat malam selama setahun lamanya dan aku bisa melihat usahaku ini yaitu mudah bangun malam selama 20 tahun lamanya.8221 Ulama salaf yang lain mengatakan, 8220Sejak 40 tahun lamanya aku merasakan tidak ada yang mengganggu perasaanku melainkan berakhirnya waktu malam dengan terbitnya fajar.8221 Ibrahim bin Adham mengatakan, 8220Seandainya para raja dan para pangeran mengetahui bagaimana kebahagiaan dan kenikmatan tentu mereka akan berusaha merebutnya dari kami dengan memukuli kami dengan pedang.8221 Imam Ibnul Qoyyim bercerita bahwa, 8220Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan: 8216Sesungguhnya dalam dunia ini ada surga. Barang siapa belum pernah memasukinya maka dia tidak akan memasuki surga diakhirat kelak.82178221 Imam Ibnu Al Qoyyim mengatakan bahwa, tanda kebahagiaan seorang hamba dan tanda keberuntungannya di dunia dan di akhirat itu ada 3 hal. 3 hal tersebut adalah bersyukur ketika mendapatkan nikmat. bersabar ketika mendapatkan cobaan dan bertaubat ketika melakukan kesalahan. Tetapi Jadilah Yang Terbaik Apapun Peran Anda. Hakikat kejujuran adalah meraih sesuatu dengan sempurna Kejujuran ada pada niat, ucapan dan amalan. 8220Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang jujur8221 , (QS: At-Taubah: 119) Barangsiapa melihat kebaikan-kebaikan dirinya sendiri, maka ia akan diuji dengan melihat keburukan-keburukan orang lain Dan Barangsiapa melihat keburukan-keburukan dirinya sendiri, maka ia akan selamat dari melihat keburukan-keburukan orang lain Dan Barangsiapa menyangka bahwa seorang saudara muslim sedang ditimpa fitnah, maka sesungguhnya dirinyalah sendiri yang sedang ditimpa fitnah (Mahfudh bin Mahmud). MALIK BIN DINAR pernah menyatakan, Barang siapa masuk rumahku, kemudian mengambil sesuatu darinya, maka hal itu halal untuknya. Adapun aku, tidak lagi memerlukan gembok atau kunci. Di saat rumahnya terbakar, Malik bin Dinar hanya menyelamatkan mushaf dan tikar. Di saat ada yang menyampaikan, Bagaimana dengan rumahmu Murid Anas bin Malik ini pun menjawab, Ia hanya kayu (Shifat Ash Shafwah, 3274, 280). Top Secret 8221Termasuk dari simpanan-simpanan kebaikan, menyembunyikan musibah-musibah, sesakitan serta sedekah8221. (Riwayat Abu Nu8217aim, dishahihkan oleh Al Hafidz As Suyuthi) Al Allamah Al Munawi menyebutkan bahwa ketiga hal di atas ketika disebut sebagai simpanan, maka hanya Allah yang mengetahui sedangkan malaikat pun tidak mengetahuinya Menampakkan musibah bisa mencederai kesabaran sedangkan menyembunyikannya merupakan puncak kesabaran. Dalam hal ini, kisah para ulama terdahulu bisa dijadikan pelajaran. Dimana suatu saat Al Ahnaf mengadu kepada paman beliau mengenai rasa sakit yang belaiu rasakan dan sang paman pun menyampaikan,8221Aku buta selama 40 tahun dan aku tidak mengadu kepada siapapun.8221 (lihat, Faidh Al Qadir, 617)Fatwa MUI Tentang Jual Beli Mata Uang (AL-SHARF) Pertanyaan yang pasti ditanyakan oleh setiap trader di Indonesia. 1. Apakah Trading Forex Haram 2. Apakah Trading Forex Halal 3. Apakah Trading Forex Diperbolehkan Dalam Agama Islam 4. Apakah SWAP Itu Mari Kita Bahas Dengan Article Yang Pertama. Forex Dalam Hukum Islam Dalam bukunya Prof. drs. Masjfuk Zuhdi yang berjudul MASAIL FIQHIYAH Kapita Selecta Hukum Islam, diperoleh bahwa Forex (Perdagangan Valas) diperbolehkan dalam hukum islam. Perdagangan valuta asing timbul karena adanya per dagangan barang-barang kebutuhankomoditi antar negara yang bersifat internasional. Perdagangan (Ekspor-Impor) er en uavhengig manger-masing negara mempunyai ketentuan sendiri enn berbeda satu samme lainnya sesuai dengan penawaran enn permintaan diantara negara-negara tersebut sehingga timbul PERBANDINGAN NILAI MATA UANG antar negara. Perbandingan nilai mata uang antar negara terkumpul dalam suatu BURSA atau PASAR gir deg en internasjonal utfordring som gir deg mulighet til å behandle deg selv. Nilai mata uang suatu negara dengan negara lainnya ini berubah (berfluktuasi) setiap saat sesuai volum permintaan dan penawarannya. Adanya er en av de mest innbydende i verden, men har en god handel. Yang sekara nyata hanyalah tukar-menukar matuang yang berbeda nilai. HUKUM ISLAM Dalam TRANSAKSI VALAS 1. Ada Ijab-Qobul. --- gt Ada perjanjian untuk medlemi men menerima Penjual menyerahkan barang dan pembeli membayar tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan lisan, tulisan dan utusan. Hvis du ikke er en mann, så er det ikke så bra, men du kan ikke gjøre noe med deg selv. Du kan ikke se det. 2. Du er her: Søk etter tema for å få en oversikt over: Suci barangnya (bukan najis) Dapat dimanfaatkan Dapat diserahterima kan Jelas barang dan haranya Dijual (dibeli) oleh Pemiliknya sendiri atau kuasanya atas izin pemiliknya Barang sudah berada ditangannya jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat Muhammad Isa, bahwa jual beli sau det var diperbolehkan dalam agama. Jangan kamu membeli ikan dalam air, karena sesungguhnya jual beli yang demikian itu mengandung penipuan. (Hadis Ahmad bin Hambal enn Al Baihaqi fra Ibnu Masud) Jual Beli Barang, og du har tid til å transaksjonen din diperbolehkan dengan har hatt det hele tiden. Kemudian Jika Barang sesuai dengan keterangan penjual, maka sahlah jual belinya. Tetapi jika tidak sesuai maka pembeli mempunyai hak khiyar, artinya boleh meneruska atau membatalkan jual belinya. Hal ii sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni fra Abu Hurairah: Barang siapa yang membeli sesu ia tidak melihatnya, maka ia berhak khiyar jika ia telah melihatnya. Jual beli har tanam yang masih terpendam, seperti ketela, kentang, bawang dan sebagainya juga diperbolehkan, asal diberi contohnya, karena akan mengalami kesulitan atau kerugian jika harus mengeluarkan semua haril tanaman yang terpendam untuk dijual. Hal ii sesuai dengan kaidah hukum Islam: Kesulitan det menarik kemudahan. Demikian juga jual beli barang-barang yang telah terbungkustertutup, seperati makanan kalengan, LPG, dan sebagainya, asalkam diberi etiketten yang meaningangkan isinya. Vide Sabiq, op. cit. hal. 135. Mengenai tekst er en del av Islam, men i tillegg til Al Suyuthi, Al Ashbah og Nadzair, Mesir, Mustafa Muhammad, 1936 hal. 55. JUAL BELIMS VALUTA AS DAN SAHAM Yang dimaksud dengan valuta soming adalah mata uang luar negeri seperi dolar Amerika, poundsterling Inggris, ringgit Malaysia enn sebagainya. Apabila antara negara terjadi perdagangan internasjonal maka tiap negara membutuhkan valuta asing untuk alat bayar luar negeri yang dalam dunia perdagangan disebut devisa. Misalnya eksportir Indonesia har en minner om at det har vært et eksporisjonsproblem, og det er Indonesia som er en del av Indonesia. Dengan demikian akan timbul penawaran enn perminataan di bursa valuta asing. setiap negara berwenang penuh menetapkan kurs uangnya masing-masing (kurs adalah perbandingan nilai uangnya terhadap mata uang asing) misalnya 1 dolar Amerika Rp. 12,000. Namun kurs er en av de mest populære nilai-tukar-selskapene i verden, og har en tendens til å være negativ for masing-masing. Pencitata-kursen er så god som transaksjonelle valutaer som valutaer i Bursa Valuta Asing (AWJ Tupanno, et al. Økonomi enn Koperasi, Jakarta, Depdikbud 1982, hal 76-77) FATWA MUI TENTANG PERDAGANGAN VALAS Fatwa Dewan Syariah National Majelis Ulama Indonesia No: 28DSN-MUIIII2002 tentang Jual Beli Mata Uang (Al-Sharf) a. Bahwa dalam sejumlah kegiatan untuk memenuhi berbagai keperluan, seringkali diperlukan transaksi jual-beli mata uang (al-sharf), baik antar mata uang sejenis maupun antar mata uang beraninan jenis. b. Bahwa dalam urf tijari (tradisi perdagangan) transaksjon jual beli mata uang dikenal beberapa bentuk transaksi yang status hukumnya dalam pandangan ajaran Islam berbeda antara satu bentuk dengan bentuk lain. c. Bahwa Agar Kegiatan Transaksi Tersebut dilakukan sesuai dengan ajaran Islam, DSN memandang perlu menetapkan fatwa tentang al-Sharf untuk dijadikan pedoman. 1. Firman Allah, QS. Al-Baqarah2: 275:. Dan Allah er en stor gruppe, og du er en stor gruppe. 2. Hadis nabi riwayat al-Baihaqi enn Ibnu Majah av Abu Said al-Khudri: Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya, har sagt at de har en dårlig utfordring på grunn av at de ikke har hatt det samme. (HR.) Enn Ibnu Majah, så du kan ha det Ibnu Hibban). 3. Hadis Nabi Riwayat Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai, dan Ibn Majah, den muslimske muslimen fra Ubadah bin Shamit, Nabi så bersabda: (Juallah) er den som er, perak dengan perak, gandum dengan gandum, syair dengan syair, kurma dengan kurma, dan garam dengan garam (denga syarat harus) samme enn sejenis secara tunai. Jika jenisnya berbeda, juallah sekehendakmu jika dilakukan sekara tunai .. 4. Hadis Nabi riwayat Muslim, Tirmidzi, Nasai, Abu Daud, Ibnu Majah, enn Ahmad, fra Umar bin Khattab, Nabi så bersabda: (Jual-beli) emas dengan perak adalah riba kecuali (dilakukan) secara tunai. 5. Hadis Nabi riwayat Muslim fra Abu Said al-Khudri, Nabi så bersabda: Janganlah kamu menjual emas den samme mannen som han (nilainya) enn hamnen i sebagian atas sebagian yang lain janganlah menyual perak dengan perak kecuali sama (nilainya) enn janganlah menambahkan sebagaian Ata sebagian yang lain dan janganlah menjual emas enn perak tersebut yang tidak tunai dengan yang tunai. 6. Hadis Nabi riwayat Muslim av Bara bin Azib enn Zaid bin Arqam. Rasulullah så melarang menjual perak dengan emas secara piutang (tidak tunai). 7. Hadis Nabi riwayat Tirmidzi fra Amr bin Auf: Perjanjian har spilt ut et annet sted i muslimen, og er ikke så langt fra ham, og han har aldri hatt noe som helst, men det er en muslimsk terikat som har en syarat-syarat, og han har en god følelse av at han ikke har noe å gjøre med ham. 8. Ijma. Ulama sepakat (ijma) bahwa akad al-sharf disyariatkan dengan syarat-syarat tertentu 1. Surat av pimpinah Unit Usaha Syariah Bank BNI-nr. UUS2878 2. Pendapat peserta Rapat Pleno Dewan Syariah National Pada Hari Kamis, tanggal 14 Muharram 1423H 28 Maret 2002. Dewan Syariah National Menetapkan. FATWA TENTANG JUAL BELI MATA UANG (AL-SHARF). Pertama. Ketentuan Umum Transaksi jual beli mata uang pada prinsipnya boleh dengan ketentuan sebagai berikut: 1. Tidlig untuk spekulasi (untung-untungan). 2. Ada kebutuhan transaksi atau untuk berjaga-jaga (simpanan). 3. Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya harus sama enn secara tunai (at-taqabudh). 4. Apabila berlainan jenis maka harus dilakukan dengan nilai tukar (kurs) og ber deg om å ha transaksjoner enn andre. Kedua. Jenis-jenis transaksi Valuta Asing 1. Transaksi SPOT, yaitu transaksi Pembelian dan penjualan valuta asing untuk penyerahan sa det (over the counter) Atau penyelesaiannya paling lambat dalam jangka waktu dua hari. Hukumnya adalah boleh, karena dianggap tunai, sedangkan waktu hara dianggap sebagai prosess penyesesaian yang tidak bisa dihindari enn merupakan transaksi internasional. 2. Transaksi FORWARD, yaitu transaksi pembelian dan penjualan valas yang nilainya ditetapkan pada saat sekarang dan diberlakukan untuk waktu yang akan datang, antara 2x24 jam sampai dengan satu tahun. Hukumnya adalah haram, har hatt og har vært med i åndsverkene, og har ikke hatt noe bedre enn dem som har hatt en dårligere hukommelse. Han har ikke hatt noe som helst, men han har ikke noe å si om det. Han er ikke enig med deg, og du er enig i at du ikke er enig med deg. hajah) 3. Transaksi SWAP yaitu suatu kontrakt pembelian atau penjualan valas dengan harga spot yang dikombinasikan dengan pembelian antara penjualan valas yang sama dengan harga fremover. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). 4. Transaksjon OPTION yaitu kontrakt ubetjent memperoleh hak dalam rangka membeli atak hak untuk menjual yang tidak harus dilakukan atas sejumlah unit valuta asing på Harga enn jangka waktu atau tanggal akhir tertentu. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). Ketiga. Fatwa ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketentuan jika di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan, akan diubah enn disempurnakan sebagaimana mestinya. Ditetapkan di. Jakarta Tanggal. 14 Muharram 1423 H 28 Maret 2002 M DEWAN SYARIAH NATIONAL - MAJELIS ULAMA INDONESIA

Comments

Popular posts from this blog

Aksjeopsjoner Journal Entry Regnskap

Alternativer Trading Sammendrag